Kamis, 07 Agustus 2014

Morgan Stanley Masih Jadi Penguasa Pasar Layanan Keuangan Dunia

Monday, 4 August 2014  3 hari yang lalu   (hits 152)


Morgan Stanley (MS) dikenal banyak orang sebagai korporasi besar yang menguasai pasar layanan keuangan. Perusahaan multinasional Amerika Serikat ini bermarkas di Morgan Stanley Building, Midtown Manhattan, New York City.
Dengan skala bisnisnya yang tidak tertandingi, Morgan Stanley kini beroperasi di 42 negara di dunia dan memiliki lebih dari 1300 kantor dan 600 ribu orang pegawai yang tersebar di kota-kota tadi. Perusahaan melaporkan US$1,9 triliun dalam aset-aset klien di bawah manajemen di akhir tahun 2013.
Perusahaan yang didirikan oleh mitra-mitra J.P. Morgan & Co. Henry S. Morgan (cucu J.P. Morgan), Harold Stanley dan yang lainnya, masuk dalam dunia bisnis sejak 16 September 1935 sebagai tanggapan atas Glass-Steagall Act yang mewajibkan perusahaan perbankan memisahkan investasi dan komersial. 
Dalam tahun pertamanya, MS berjalan dengan merengkuh pangsa pasar 24% (1,1 miliar dollar AS) dalam penawaran saham perdana (IPO) dan penempatan aset swastanya. Bidang-bidang bisnis utamanya saat ini ialah Manajemen Kekayaan Global, Sekuritas Institutional, dan Manajemen Investasi.
Peran dan jatidiri Morgan Stanley dalam dunia pasca resesi masih belum signifikan meskipun pendapatan mereka yang menguat di kuartal kedua tahun lalu. MS berencana untuk membeli kembali sahamnya senilai US$500 juta.
Sejak krisis keuangan melanda dunia, keputusan MS untuk mengubah model bisnisnya dengan menurunkan bisnis manajemen kekayaan dan perdagangan telah memicu kinerja yang buruk dan memunculkan pertanyaan di antara penanam modal.
Setelah melakukan sejumlah kesalahan, MS mulai mengelola ekspektasi pemegang saham eksternal dengan lebih baik dan memberikan prioritas startegis yang utama.
Juni 2013 menjadi saksi  bagi MS atas prestasinya meraih persetujuan dari regulator di negeri Paman Sam untuk membeli saham sisanya di usaha patungan Morgan Stanley Smith Barney.
Keputusan MS untuk merekrut mantan pejabat keuangan dan Gedung Putih Michele Davis sebagai Kepala Bidang Korporat Global menunjukkan bagimana MS ingin menjelajahi regulasi baru, mengeloal komunikasi eksternal, dan akhirnya memperkuat persepsi brandnya. (ap)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar