Senin, 23 November 2015

Keistimewaan Kue Bolu

 
Kue bolu umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus atau brownies kukus. Bolu adalah kue berbahan dasar tepung, gula, dan telur. 

Cake berhias (kue tart) digunakan sebagai makanan penutup atau hidangan istimewa resepsi pernikahan atau pesta ulang tahun. Dalam resepsi pernikahan ala Barat dan pesta ulang tahun, upacara pemotongan kue tart merupakan salah satu acara. Di Indonesia, nasi tumpeng sering menggantikan peran cake sebagai makanan istimewa dalam berbagai upacara peringatan. Acara pemotongan kue juga sering digantikan acara pemotongan tumpeng. 

Berdasarkan teknik pembuatan, kue bolu digolongkan menjadi dua kelompok.
a)    Butter cake atau shortened (cream cake)
Cake jenis ini memerlukan bahan pengembang berupa baking powder atau soda kue. Salah satu contoh butter cake paling sederhana adalah pound cake yang dibuat dari mentega, gula pasir, dan tepung terigu dengan takaran masing-masing 1 pon.
b)    Sponge cake (foam cake)
Proses pembuatan diawali dengan mengocok telur dan gula hingga menjadi busa yang halus dan kental. Mentega (margarin) cair atau minyak goreng sering ditambahkan kemudian setelah adonan dicampur dengan tepung. 

Berdasarkan teknik pengocokan telur, sponge cake dibagi menjadi:
a)  Kue dengan putih dan kuning telur yang masing-masing dikocok dalam mangkuk terpisah
b) Tekstur kue yang dihasilkan menjadi sangat lembut, misalnya chiffon cake atau angel food cake.
c)   Kuning dan putih telur dikocok bersamaan (Genoise).
d)  Sebagian besar resep kue bolu dan cake menggunakan kuning dan putih telur yang dikocok bersamaan. 

Sebelum dipanggang, adonan cake sering ditambahkan berbagai bahan perasa dan aroma, seperti bubuk cokelat, bumbu kue lapis, daun pandan, pisang , tapai singkong, kacang-kacangan, kismis, dan buah-buahan kering lainnya. Kue bolu yang sudah matang dapat dibelah secara horizontal untuk diolesi krim mentega, vla, pasta coklat, krim keju, selai, atau diperciki dengan campuran sirup atau minuman keras seperti rhum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar