Selasa, 27 Oktober 2015

Gerakan Cuci Tangan Yang Benar



 
Meski sangat mudah dilakukan, ironisnya, mencuci tangan sering sekali diabaikan banyak orang dengan beragam alasan. Padahal, kebiasaan sehat itu dapat melindungi kita dari kuman penyebab penyakit yang menempel di tangan. 

Tangan memang merupakan media penularan berbagai penyakit yang disebabkan kuman. Hanya melalui tangan yang kotor, kuman penyakit dapat dengan mudah berpindah dari satu orang ke orang lain. Misalnya, diare, cacingan, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), TBC, bahkan penyakit mematikan, seperti SARS, flu burung (H5N1) dan flu babi (H1N1). 

Namun perhatikan cara mencuci tangan , jangan sekadar membasuh telapak dalam waktu singkat. Banyak orang dewasa dan anak-anak menganggap tangan hanyalah telapak. Padahal, tangan terdiri dari telapak, punggung, pergelangan, jari, sela-sela jari dan kuku. Di setiap bagian tangan itu ada beragam jenis kuman yang menimbulkan penyakit tertentu. 

Oleh karena itu, biasakan menggosok tangan – terutama kuku, sela jari dan punggung tangan – dengan menggunakan air mengalir dan sabun. Lakukan setiap kali Anda hendak makan, sesudah melakukan aktivitas di toilet, sebelum memegang bayi, sehabis menceboki anak dan akan menyiapkan makanan.
Untuk langkah mencuci tangan yang baik dan benar , coba ikuti panduan seperti di bawah ini:
  • Basahi tangan dengan air mengalir dan teteskan/usapkan sabun secukupnya.
  • Gosok kedua telapak tangan sampai ke ujung jari. Gosokkan juga telapak tangan kanan ke punggung tangan kiri (atau sebaliknya), dengan jari-jari saling mengunci (berselang-seling) antara tangan kanan dan kiri. Gosok sela-sela jari tersebut. Lakukan sebaliknya.
  • Letakkan punggung jari satu dengan punggung jari lain dan saling mengunci. Usapkan ibu jari tangan kanan dengan telapak kiri dengan gerakan berputar. Lakukan hal yang sama dengan ibu jari tangan kiri.
  • Gosok telapak tangan dengan punggung jari tangan satunya dengan gerakan ke depan, ke belakang dan berputar. Lakukan sebaliknya.
  • Pegang pergelangan tangan kanan dengan tangan kiri dan lakukan gerakan memutar. Lakukan pula untuk tangan kiri.
  • Setelah minimal 10 detik mencuci tangan, bilas  tangan hingga seluruh busa sabun hilang.
  • Keringkan tangan dengan tisu bersih atau handuk sekali pakai, atau pengering udara. Jika memungkinkan, gunakan tisu atau handuk untuk mematikan kran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar