Sabtu, 17 Oktober 2015

Industri Kelautan Bisa Tumbuhkan Jutaan Wirausaha Baru

Artikel Review
Thursday, 19 June 2014  sekitar setahun yang lalu   (hits 323)


Pembangunan industrialisasi kelautan dan perikanan yang berbasis pada Ekonomi Biru (Blue Economy) dikatakan bisa menumbuhkan jutaan wirausahawan baru. Namun Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C. Sutardjo mengatakan hal ini membutuhkan dukungan pengetahuan dan teknologi.
Implementasinya akan membutuhkan cutting-edge innovations yang tidak hanya mampu memanfaatkan sumberdaya alam secara berkelanjutan, akan tetapi yang lebih konkrit adalah berupa inovasi sistem produksi bersih tanpa limbah. 

Oleh karena itu, industrialisasi kelautan dan perikanan yang berbasis pada Blue Economy membutuhkan sumberdaya manusia yang kompeten dan berpotensi dapat menumbuhkan jutaan wirausaha baru.   

Sharif menegaskan, SDM kompeten pada hakekatnya memiliki pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill) yang memadai, kemampuan (ability) dan sikap (attitude) untuk menjalankan pembangunan sektor kelautan dan perikanan secara efektif dan efisien. 

Dunia riset dan teknologi harus dekat dengan dunia usaha, dimana hasil riset harus benar-benar terbukti memadai. Kolaborasi dan integrasi antara dunia pendidikan atau riset, pemerintah dan swasta adalah kunci dalam implementasi Blue Economy.    

“Blue Economy harus mampu menjadi referensi sebagai model pendekatan pembangunan Kelautan dan Perikanan berkelanjutan untuk kesejahteraan rakyat. Dengan menitikberatkan pemanfaatan sumberdaya alam dengan mengikuti pola efisiensi alam, namun menghasikan produk dan nilai lebih besar, tanpa limbah dan kepedulian sosial yang tinggi,” paparnya. (bn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar