Selasa, 13 Oktober 2015

Seni Kreatifitas Dengan Tato





Rajah atau tato adalah suatu tanda yang dibuat dengan memasukkan pigmen ke dalam kulit. Istilah “Tato” diambil dari kata “Tatau” dalam bahasa Tahiti, yang berarti “menandakan sesuatu”.  Tato dapat dibuat terhadap kulit manusia atau hewan. Bentuk modifikasi tubuh pada manusia bisa dilakukan dengan menggunakan tato, identifikasi biasanya digunakan untuk hewan. Pertama kali tato ditemukan pada sebuah mumi di Mesir, dan menyebar ke suku Indian di Amerika Serikat dan Polinesia di Asia, lalu berkembang ke seluruh suku-suku dunia salah satunya suku Dayak di Kalimantan. 

Tato digandrungi oleh muda muda di dunia. Dalam bertato, masing masing mempunyai alasan mengapa mereka melakukan tato. Ada yang mengatakan untuk memori, arts, atau hanya mengikuti jaman. 

Tato dibuat sebagai suatu simbol dan dapat memberikan suatu kebanggaan tersendiri bagi pengguna dan simbol keberanian dari si pemilik tato. Sejak masa pertama tato dibuat juga memiliki tujuan demikian. Tato dipercaya sebagai simbol keberuntungan, status sosial, kecantikan, kedewasaan, dan harga diri. 

Di Indian, melukis tubuh dilakukan untuk mempercantik (sebagai tujuan estetika) dan menunjukkan status sosial. Dan Suku Mentawai memandang tato sebagai suatu hal yang sakral dan berfungsi sebagai simbol keseimbangan alam yang merupakan roh kehidupan. 

Nyatanya sampai saat ini tato masih dianggap sebagai hal yang tabu, namun seni tato tetap menjadi sesuatu yang populer di dunia. Keberadaan tato tubuh di dalam kebudayaan dunia sudah sangat lama ada dan dapat dijumpai di seluruh sudut dunia. Menurut sejarah, ternyata tato tubuh sudah dilakukan sejak 3000 tahun SM (sebelum Masehi). Tato pertama kali tercatat oleh peradaban Barat dalam ekspedisi James Cook pada tahun 1769. 

Seni kreasi pembuatan tato semakin berkembang, apalagi didukung oleh teknologi yang ada, maka terdapat beragam pilihan bagi yang ingin membuatnya. Jika ingin membuat tato, dipikirkan terlebih dahulu secara matang apalagi jika ingin memiliki jenis tato yang bersifat permanen, karena untuk menghilangkannya tidak mudah. Walaupun teknologi mutakhir diperkenalkan untuk menghapus tato belum bisa diketahui efek samping yang terjadi pada kulit. (dr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar